"Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku."
Narsum menjelaskan bahwa lesunya berbagai industri akibat pandemi covid-19 tidak membuat industri penerbitan buku mengalami hal yang sama pada skala internasional. Laporan Nielsen BookScan ICM, menyebutkan bahwa penjualan buku secara global sampai akhir 2021 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan
"Dari analisa pasar dan Diungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), seperti yang dikutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun."
Penerbit Andi sendiri menjalankan bisnis Penerbitan Buku dengan memperhatikan kedua faktor di atas, Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dapat dipahami karena Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku yang sudah cukup berpengalaman selama 42 tahun dengan sekitar 15.000 judul buku yang telah diterbitkan. www.andipublisher.com
Strategi pemasaran penerbit Andi dilakukan dengan dua cara yaitu moda online dan offline. Narsum secara detail menjelaskan dua strategi penjualan tersebut dengan berbagai pertimbangan sebagai berikut.
A. Strategi Online.
Strategi online menjadi salah satu alterniatif pemasaran merupakan wujud transformasi digital sebagai dampak pandemi covid-19. Sebagai salah satu cara mendulang konsumen, cara ini merupakan pilhan tepat untuk menghindari persentuhan antar orang perorang dalam rangkan mencegah penyebaran pandemi.
Adanya transformasi digital memberikan keuntungan perusahaan antara lain,b iaya lebih relatif terjangkau atau murah, daya Jangkauan sangat luas, mudah menentukan target pasar buku, komunikasi dengan konsumen lebih efektif, lebih cepat popular, dapat meningkatkan Penjualan, evaluasi dan pengembangan marketing lebih mudah.
Dengan strategi online, pemasaran dapat dilakukan melalui komunitas. Setiap orang atau perusahaan dapat memanfaatkan komunitas untuk memasarkan buku terbitannya. Pemasaran melalui jaringan komunitas ini dapat dilakukan secara efektif efsien apabila dilakukan komunikasi lebih proaktif dengan tetap menjaga integritas pribadi. Penerbit Andi melakukan pemasaran melalui link Zoom, Live. Youtube TV ANDI, dengan tema – tema yang menarik.
B. Startegi Offline
Penterasi pasar merupakan langkah utama dari strategi offline. Untuk strategi ini diperlukan analisis pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran offline dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara paling umum adalah pemasaran di toko buku. Penerbit buku, dalam hal ini Penerbit Andi, yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, termasuk sebagai pemasok besar ke toko buku di Indonesia. Target toko buku juga harus selektif dan memiliki kriteria tertentu, nisalnya managemen toko yang baik, toko memiliki popularitas, dan proses transaksi yang tidak mengecewakan penerbit.
Direct selling merupakan teknik lain dalam pemasaran offline berikutnya. Direct selling adalah penjualan langsung kepada konsumen. Cara ini dipandang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan berbiaya rendah. Hal ini dapat dipahami karena memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead, dan membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan jangka panjang.
Selasa, 01-03-2022
Tetap semoga bisa wujudkan buku solo
BalasHapusSemngat selalu pak guru. Berkarya dengan pena dan jiwa raga
BalasHapusSelamat, resume Anda bagus... Lengkao informatif Pak
BalasHapuslengkap dan menarik ...kereeeen
BalasHapus